FLEKSIAN, APLIKASI ATAU ALAT EVALUASI SOAL PILIHAN GANDA

Fleksian adalah program atau aplikasi sederhana yang dibuat dengan menggunakan Microsfot Excel. Fleksian dibuat oleh seorang guru yang bernama Fatma Heri Susiawan. Fatma Heri Susiawan adalah seorang pengajar/guru di SMP Negeri 5 Martapura. Aplikasi terapan ini dapat menganalisis atau mengevaluasi jawaban dari soal pilihan ganda. Pengguna hanya perlu mengisi nama siswa, bobot/skor tiap soal, dan kunci jawaban. Setelah ketiga hal tersebut diisi, maka hasil evaluasi atau jawaban dari tiap murid akan muncul secara otomatis. Sehingga, para pengajar tidak perlu repot lagi untuk menghitung skor akhirnya. 

Fleksian, menurut Fatma adalah singkatan dari fleksibel anlisis. Fleksian adalah program terapan berbasis Microsoft Excel. Disiapkan bagi para guru untuk mempermudah/meringankan pekerjaan dalam administrasi pembelajaran. Fleksian adalah sarana bebas pakai. Lebih lanjut Fatma mengungkapkan bahwa Fleksian dibuat karena kurang kerjaan dan pengisi waktu luang. Sehingga kemungkinan besar (pasti) banyak kelemahan dan kekurangan. Fleksian dibuat dengan rumus-rumus biasa, sebagaimana ketika kita melakukan analisis secara manual. Tidak ada rumus istimewa.

Jika anda ingin mendapatkan karya lain dari Fatma Heri Susiawan, anda dapat mengunjungi blog pribadinya di SMP Negeri 5 Martapura. Pada blog tersebut anda dapat melihat, mengunduh, mencoba, dan menggunakan berbagai macam program sederhana. Beberapa program yang disediakan pada blog tersebut di antaranya: program penghitung KKM; program analisis try out; SKHU sementara; program bantu administrasi UN/US; pengolah nilai, dan program lainnya.

Langkah Analisis Fleksian
1. Memasukkan nama sekolah, kelas, mapel, KKM, batas ketuntasan klasikal, pembulatan (jika diperlukan)
2. Memasukkan nama siswa, dapat disalin dari berkas lain, namun untuk tempel (paste) harus menggunakan paste special, value. artinya isinya saja yang ditempel agar format cell tidak terubah.
3. Mengganti batas rentang distribusi siswa berdasar nilai (jika diperlukan) dan mengganti batas pembagian kelompok atas-bawah (jika dikosongkan maka siswa akan dibagi dua, setengah untuk kelompok atas dan setengah untuk kelompok bawah) ini untuk menghitung daya beda.
4. Dan selesai. Langkahnya terlihat banyak, namun pada kenyataan langkah satu dan dua bisa diabaikan jika kita telah melakukan analisis beberapa kali. Dan lagi pula langkah ini juga pasti harus dilakukan walau kita menggunakan program apa saja.

Kelebihan Fleksian
1. Tidak perlu mengatur kertas ketika ingin mencetak hasil analisis
2. Mampu melakukan analisis hasil ulangan harian, dengan tujuan utama memilah siswa yang tuntas dan tidak tuntas, serta mampu melakukan analisis soal, yang tujuannya menemukan soal yang baik.
3. Bobot soal bebas, tidak harus sama, misal ada soal dengan bobot maksimal 5 sedangkan yang lain 3, dan sebagainya. Bobot tidak harus mencapai jumlah tertentu.
4. Untuk soal pilihan ganda jika kunci sudah diisikan maka langsung terlihat jawaban yang benar, dan peringatan tanda merah jika kita salah mengisi, misal D kita ketik sebagai DD, atau jika menggunakn 1, 2, 3, 4, 5 sedangkan kita mengetikkan 8, 11, 20, 9, 44.

Kekurangan Fleksian
1. Belum bisa menyembunyikan kolom baris atau kolom sisa yang tidak digunakan.
2. Hanya mampu menganalisis soal dengan jumlah maksimal 50 soal.
3. Belum ada analisis reliabilitas.
4. Analisis distraktor belum sampai pada kesimpulan.
Berikut beberapa aplikasi Fleksian jika anda ingin mencobanya: 

Posting Komentar untuk "FLEKSIAN, APLIKASI ATAU ALAT EVALUASI SOAL PILIHAN GANDA"