PENGERTIAN FLASH CARD MENURUT BAHASA DAN ISTILAH


Sebelum membahas lebih lanjut tentang flash card, ada baiknya mengetahui pengertian dari istilah flash card. Secara umum, pengertian flash card dapat dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah pengertian flashcard menurut bahasa, selanjutnya adalah pengertian flash card menurut istilah. Berikut adalah penjelasan dari dua bagian pengertian tersebut. 

A. Flashcard Menurut Bahasa
Sebelum membahas pengertian flash card, ada baiknya kita tentukan terlebih dulu istilah yang akan digunakan sebagai pengganti flash card. Hal ini penting dilakukan untuk memperkaya istilah dalam bahasa Indonesia dan mempermudah dalam penulisan. Istilah flashcard berasal dari bahasa Inggris. Flash card menurut kamus Cambridge dalam Akbar (2022:14) adalah kartu dengan kata atau gambar di atasnya yang digunakan untuk membantu siswa dalam belajar. 

Selanjutnya, menurut Echols dan Hassan dalam Akbar (2022:14) flash card adalah kartu pengingat atau kartu yang diperlihatkan sekilas. Jika diartikan perkata, maka istilah flash card dapat dibagi dalam dua kata, yaitu kata flash dan card. Kata flash dalam bahasa Indonesia berarti cahaya dan kilasan sedangkan kata card dapat diartikan sebagai kartu. 

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kartu didefinisikan sebagai kertas tebal yang tidak berapa besar, berbentuk persegi panjang (untuk berbagai keperluan, hampir sama dengan karcis) (KBBI dalam Akbar, 2022:14). Lebih lanjut KBBI dalam Akbar (2022:14) mendefinisikan kata kilas sebagai kata padanan dari kilat yang memiliki sifat kecepatan yang tinggi, dalam waktu singkat, dan sekejap mata. 

Berdasarkan pengertian kedua kata tersebut, maka istilah flash card dalam bahasa Inggris dapat dipadankan sebagai kartu kilas dalam istilah bahasa Indonesia. Selanjutnya, pada tulisan ini sebutan flash card akan diganti dengan kartu kilas. 

Selanjutnya, dari beberapa pengertian tersebut, kartu kilas dapat diartikan atau didefinisikan sebagai kartu atau media pembelajaran yang digunakan untuk mengingat, berbentuk persegi panjang di mana terdapat tulisan atau gambar di atasnya. Adapun bentuk tulisan dalam kartu kilas dapat berupa huruf, kata, kalimat, paragraf atau angka. Bentuk gambar pada kartu kilas dapat berupa gambar benda mati, makhluk hidup, pemandangan, dan sifat atau karakter. 

B. Kartu Kilas (Flashcard) Menurut Istilah 
Kartu kilas (flashcard) adalah sebuah kartu yang di atasnya terdapat kata, kalimat, atau gambar sederhana (Azabdaftari & Mozaheb dalam Akbar, 2022:15). Sementara itu, menurut Cancela, dkk. dalam Akbar (2022:15) kartu kilas adalah kartu yang berisi informasi seperti kata atau huruf pada satu atau dua bagian yang digunakan dalam latihan di kelas atau pembelajaran mandiri. 

Dua definisi tentang kartu kilas tersebut belum dapat menjelaskan pengertian kartu kilas dengan baik. Jika diperhatikan, semua kartu tentu menyediakan informasi. Setiap informasi tersebut terdiri dari huruf, kata, kalimat, atau gambar. Contoh sederhana adalah kartu nama. Kartu nama, adalah kartu yang menyediakan informasi tentang individu tertentu.

Begitupun, dengan kartu-kartu lainnya, entah itu kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu tanda mahasiswa (KTM). Namun, kedua kartu tersebut tidak dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam latihan di kelas atau pembelajaran mandiri seperti yang diungkapkan oleh Cancela, dkk. dalam Akbar (2022:15) ketika mendefinisikan kartu kilas. 

Kartu kilas (flash card) termasuk media visual. Doman dalam Ulah (Akbar, 2022:15) berpendapat bahwa kartu kilas (flash card) adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang dilengkapi huruf. Gambar yang ada pada kartu kilas merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. 

Selanjutnya, menurut Pardede dalam Akbar (2022:15) gambar-gambar pada kartu kilas dikelompok dalam beberapa seri: binatang, buah-buahan, warna, bentuk, abjad, angka, profesi, dan sebagainya. Kartu-kartu tersebut dimainkan dengan cara diperlihatkan kepada anak dan dibacakan secara cepat untuk masing-masing kartu. Kartu-kartu tersebut biasanya ditampilkan dengan berbagai warna yang menarik karena anak-anak lebih menyukai benda. 

Definisi selanjutnya tentang kartu kilas berasal dari Arsyad dalam bukunya Media Pembelajaran. Menurut Arsyad dalam Akbar (2022:16) kartu kilas (flash card) adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu, yang biasanya berukuran 8 x 12 cm, atau dapat disesuaikan dengan besar kecilnya kelas yang dihadapi. 

Ada hal yang perlu diperhatikan dari definisi tersebut, yaitu tentang fungsi kartu kilas yang mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar itu. Pada fungsi kartu kilas hanya disebutkan yang berhubungan dengan gambar itu. Sementara pada pernyataan sebelumnya, Arsyad mengatakan bahwa kartu kilas adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol. 

Harusnya, fungsi kartu kilas adalah mengingatkan atau menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar, teks, atau tanda simbol itu. Atau mengingatkan dan/ menuntun siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan informasi di atas kartu itu. Jadi, bukan hanya gambar saja. 

Berdasarkan beberapa definisi tentang kartu kilas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kartu kilas adalah kertas persegi panjang yang berisi informasi berupa huruf, angka, kata, kalimat, simbol, atau gambar sederhana yang terdiri dari dua sisi yang digunakan oleh siswa dan guru sebagai alat bantu untuk mengenal, mengetahui, mengingat, dan mengajarkan informasi tertentu yang terdapat di atasnya. Informasi yang disajikan pada kartu kilas biasanya saling berkaitan antara satu kartu dengan kartu lainnya. 

Tidak ada aturan baku tentang ukuran kartu kilas. Ukuran kartu kilas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pembuat atau pengguna kartu kilas. Selain itu, ukuran kartu kilas juga bergantung pada jumlah siswa dan keluasan tempat ketika menyajikan kartu kilas. Hal yang pasti dari kartu kilas adalah bentuknya yang persegi panjang. Seiring dengan perkembangan teknologi, kartu kilas tidak hanya berbentuk kertas namun juga berbentuk digital. 

Referensi:
Akbar, Muh. Rijalul. 2022. Flash Card sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian. Sukabumi: Haura Utama.


Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

1 komentar untuk "PENGERTIAN FLASH CARD MENURUT BAHASA DAN ISTILAH "

  1. Jazakumullah khoiron katsiron, informasinya sangat lengkap dan membantu.

    BalasHapus