IMTAQ ATAU IMTAK, INI PENJELASANNYA

Pak, itukan harusnya ditulis imtaq bukan imtak. Begitu kira-kira koreksi dari rekan kerja saya saat melihat tulisan imtak yang ada pada sebuah desain poster.


Tulisan ini, akan membahas perbedaan antara istilah "imtak" dan "imtaq" yang sering kali membingungkan. Seringkali kita mendengar kedua istilah ini digunakan dalam konteks keagamaan atau spiritualitas, namun apakah benar keduanya sama?

Sebelumnya, mari kita bahas definisi dari kedua istilah tersebut. "Imtak" dan "imtaq" sebenarnya adalah singkatan yang dibentuk dari kata-kata yang memiliki makna yang hampir sama, yaitu iman dan takwa. Namun, ada perbedaan penting dalam bentuk lengkap dari singkatan tersebut.

Jika kita perhatikan, "imtak" terbentuk dari gabungan iman dan takwa, sedangkan "imtaq" terbentuk dari gabungan iman dan taqwa. Di sini letak perbedaannya.

Jika kita merujuk pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bentuk kata baku untuk istilah yang merujuk pada keinsafan diri yang diikuti dengan kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan perintah Allah subhanahu wa taala dan menjauhi segala larangan-Nya adalah "takwa". Namun, perlu diingat bahwa "taqwa" bukanlah kata baku dalam bahasa Indonesia.

Dengan demikian, ketika membentuk singkatan, seharusnya merujuk pada bentuk baku dari kata tersebut. Oleh karena itu, istilah yang benar adalah "imtak" bukan "imtaq".

Penjelasan singkat ini diharapkan dapat membantu memahami perbedaan antara "imtak" dan "imtaq". Perbedaan ini sering kali menjadi poin diskusi di antara individu yang tertarik dengan makna spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "IMTAQ ATAU IMTAK, INI PENJELASANNYA "