TES OBJEKTIF DAN SUBJEKTIF (KELEMAHAN, KELEBIHAN, PERSAMAAN, DAN PERBEDAAN)

A. Kelemahan dan Kelebihan Tes Objektif 
Berikut adalah kelebihan dan kelemahan tes objektif menurut Arikunto (2009:164-165).  
No.
Kelebihan
Kelemahan
1
Mengandung banyak segi positif, lebih representatif, dan objektif.
Membutuhkan persiapan penyusunan soal yang sulit.
2
Pemeriksaan lebih mudah dan cepat.
Soalnya cenderung mengungkapkan ingatan dan sukar mengukur proses mental.
3
Pemeriksaan dapat diserahkan pada orang lain.
Banyak kesempatan untuk main untung-untungan.
4
Tidak memiliki unsur subjektifitas dalam proses pemeriksaan.
“Kerja sama” antarsiswa dalam mengerjakan tes lebih terbuka.
B. Kelemahan dan Kelebihan Tes Subjektif/Esai 
Berikut adalah kelemahan dan kelebihan tes esai menurut Arikunto (2009:163). 
No.
Kelebihan
Kelemahan
1
Mudah disiapkan dan disusun.
Kadar validitas dan realibilitas rendah.
2
Tidak memberi banyak kesempatan untuk berspekulasi atau untung-untungan.
Kurang representatif dalam hal mewakili seluruh scope bahan pelajaran.
3
Mendorong siswa untuk berani mengeluarkan pendapat serta menyusun dalam kalimat yang bagus.
Cara memeriksanya banyak dipengaruhi oleh unsur subjektif.
4
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan maksudnya dengan gaya bahasanya sendiri.
Pemeriksaannya lebih sulit.
5
Dapat diketahui sejauh mana siswa
Waktu untuk koreksi lama dan tidak
C. Persamaan dan Perbedaan Tes Objektif dan Subjektif/Esai 
Persamaan tes objektif dan tes subjektif secara umum adalah sama-sama digunakan untuk menilai dan mengevaluasi hasil belajar. Sedangkan perbedaan objektif dan tes esai menurut Purwanto (2013:36) adalah sebagai berikut. 
Ditinjau dari
Tes Objektif
Tes Subjektif/Esai
Taksonomi hasil yang diukur
Baik untuk mengukur hasil belajar tingkat pengetahuan, komprehensi, aplikasi, dan analisis. Tidak cocok untuk tingkat sintesis dan evaluasi
Tidak efisien untuk pengetahuan. Baik untuk komprehensi, aplikasi, dan analisa. Sangat baik untuk tingkat sintesis dan evaluasi.
Sampling isi/bahan
Menggunakan jumlah item yang banyak, dapat mencakup atau mewakili bahan pelajaran yang luas.
Menggunakan jumlah soal yang relatif kecil, hanya mencakup bahan yang terbatas (tidak mewakili isi bahan yang luas).
Persiapan membuat soal
Mempersiapkan item adalah yang sukar dan memakan waktu.
Mempersiapkan item yang baik adalah sukar, tetapi lebih mudah daripada mempersiapkan soal objektif.
Penskoran 
Objektif, sederhana, dan keandalannya tinggi.
Subjektif, sukar, dan kurang andal.
Kemungkinan
Mendorong siswa untuk mengingat, menginterpretasikan, dan menganalisa ide-ide orang lain.
Mendorong siswa untuk mengorganisasi dan mengintegrasikan ide-idenya sendiri.
Daftar Pustaka 
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 
Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT.  Remaja Rosdakarya. 

Posting Komentar untuk "TES OBJEKTIF DAN SUBJEKTIF (KELEMAHAN, KELEBIHAN, PERSAMAAN, DAN PERBEDAAN) "