CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI TENTANG FAKULTAS

Berikut adalah contoh paragraf deskripsi tentang fakultas.

Pola pengembangan paragraf deskripsi berikut adalah deduktif. Artinya, semua kalimat utama berada di awal paragraf. 

Fakultas 

Pada setiap universitas, pasti memiliki fakultas. Fakultas pada setiap universitas umumnya sama. Namun ada beberapa fakultas yang hanya dimiliki oleh universitas tertentu. Fakultas adalah bagian kecil dari universitas. Namun, fakultas merupakan bagian besar dari program studi (Prodi). 

Setiap fakultas memiliki gedungnya masing-masing. Biasanya untuk bentuk gedung tidak mencirikan fakultasnya. Gedung pada tiap fakultas memiliki bentuk yang sama. Bentuk gedung fakultas mengikuti desain utama sebuah universitas. Namun, letak gedungnya terpisah. Bisa terpisah tempat, lantai, atau berada pada lantai yang sama, namun sisi yang berbeda. 

Gedung fakultas terdiri dari beberapa lantai. Bahkan ada yang menggunakan lift. Sebagian besar masih menggunakan tangga. Untuk gedung fakultas yang besar memiliki tangga utama dan beberapa tangga kecil. Anak tangga pada setiap gedung banyak, tergantung tinggi setiap lantai. 

Bentuk gedung fakultas umumnya berbentuk persegi panjang. Ada yang memanjang ke samping ada pula yang memanjang ke atas. Untuk kampus yang memiliki lahan luas, memilih membuat gedung dengan panjang menyamping. Sebaliknya, jika lahan sempit, maka akan meninggikan gedungnya. Warna gedung fakultas mengikuti warna universitas. Namun, umumnya memilih warna netral seperti putih. 

Fakultas memiliki ruangan utama. Ruangan ini biasa digunakan untuk mengurus administrasi perkuliahan. Tentunya yang dikhususkan untuk prodi yang ada pada fakultas tersebut. Letak ruangannya berada di tengah gedung. Namun, ada juga yang memosisikan ruangan ini di ujung gedung. 

Di dalam ruangan itu terdapat karyawan atau pegawai tata usaha. Pegawai itu dikepalai oleh seorang kepala tata usaha. Setiap hari kerja mereka mengurus dan melayani mahasiswa. Ada kegiatan komunikasi di ruangan tersebut. Umumnya, diawali dengan pertanyaan dari mahasiswa. 

Pada ruangan tata usaha fakultas terdapat beberapa benda. Ada benda untuk keperluan administrasi. Seperti, alat-alat tulis kantor (ATK), bagan komando koordinasi, lemari, kursi, meja, dan alat cetak. ATK yang sering digunakan adalah pulpen dan kertas. Bagan komando menggambarkan garis koordinasi setiap pegawai. Lemari untuk menyimpan berkas. Meja untuk menulis, serta alat cetak digunakan untuk mencetak keperluan administrasi. 

Fakultas mengurus semua aktivitas yang ada di bawah naungannya. Fakultas terdiri dari beberapa program studi (Prodi) yang serumpun. 

Salah satu fakultas adalah keguruan dan ilmu pendidikan (KIP). FKIP adalah fakultas yang akan mendidik lulusannya menjadi seorang pengajar. Pada fakultas KIP terdiri dari banyak program studi. 

Semua program studi pada FKIP memiliki kesamaan yaitu fokus pada pendidikan. Ada Prodi pendidikan bahasa Indonesia, Inggris, matematika, biologi, guru sekolah dasar, dan lainnya. Lulusan dari program studi pada FKIP akan diprioritaskan menjadi seorang guru. Ciri gelar yang diperoleh ketika lulus adalah S.Pd. (sarjana pendidikan). 

Demikian tulisan tentang fakultas dalam bentuk paragraf deskripsi. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI TENTANG FAKULTAS"