CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI TERPANJANG 30 PARAGRAF

Berikut adalah contoh paragraf deskripsi dengan 30 paragraf. Paragraf ini dikembangkan dengan teknik 5W+1H. Paragraf ini mendeskripsikan tentang tubuh manusia. Paragraf dibagi dalam tiga bagian. Pertama mendeskripsikan tentang tubuh bagian atas. Bagian kedua dan ketiga  mendeskripsikan bagian tengah dan bawah badan. Masing-masing bagian tubuh akan dibahas sebanyak 10 paragraf. Setiap kalimat pada masing-masing paragraf berjumlah lima sampai enam kalimat.

Jika ingin digunakan, contoh paragraf berikut dapat dihapus bagian subjudul (nama bagian anatomi tubuh, seperti bagian kepala, rambut, dll.) Sehingga tidak terpotong oleh subjudul. Seluruh paragraf berikut adalah paragraf deskripsi-deduktif. Semua kalimat utama pada paragraf deskripsi berikut terletak di awal paragraf.

Paragraf berikut dibagi ke dalam tiga bagian,  bagian atas, tengah, dan bawah tubuh manusia.

A. Tubuh Manusia

Tubuh manusia terdiri dari tiga bagian. Bagian pertama adalah dari leher hingga ke atas. Bagian atas ini terdiri dari kepala, wajah, dan leher. Kepala adalah bagian paling atas. Kemudian ada wajah. Dan bagian paling bawah yaitu leher.

Kepala

Kepala manusia terdiri dari dua bagian. Pertama batok kepala atau tengkorak dan rambut. Batok kepala ini keras, cukup untuk melindungi dari benturan ringan. Namun, tidak kuat ketika terjadi benturan keras. Batok kepala harus melindungi otak yang rawan di dalamnya.

Rambut

Rambut adalah bagian paling atas pada susunan tubuh manusia. Rambut dapat berbentuk macam-macam. Begitu pula warnanya. Ada rambut ikal, lurus, bergelombang, dan keriting. Adapun warnanya, hitam, pirang, jika sudah berumur akan berubah menjadi putih.

Wajah

Bagian paling sering nampak pada tubuh manusia adalah wajah. Wajah tersusun dari beberapa indera. Ada indera penglihatan, yaitu mata. Indera pendengaran yakni telinga. Indera penciuman yaitu hidung. Terakhir ada indera pengecap adalah lidah.

Alis

Alis berbentuk mirip rambut. Namun, ia tidak pernah tumbuh panjang seperti rambut. Alis hanya tumbuh di area tertentu. Alis terletak di atas kedua mata. Alis bentuknya melengkung berfungsi melindungi mata dari keringat.

Mata

Mata manusia terdiri dari dua pasang. Bentuknya yang bulat, membuat orang menyebutnya sebagai bola mata. Pada sisi tengah berwarna hitam. Kemudian sisi luar berwarna putih. Warnanya berbagai macam. Ada yang hitam, cokelat, bahkan biru.

Telinga

Manusia memiliki dua telinga. Bentuknya setengah bulat, seperti bulan sabit. Ada lengkungan di setiap sisinya. Telinga memiliki ciri lentur, dapat dilipat-lipat. Pada bagian ujung bawah terdapat lubang tempat masuknya suara.

Hidung

Hidung terletak di bagian depan wajah. Hidung umumnya hanya dikenal dengan dua sebutan, mancung dan pesek. Jika digambarkan bentuknya seperti huruf L atau angka 7 terbalik. Hidung memiliki dua rongga tempat manusia menghirup udara. Hidung lentur, tapi tak selentur telinga.

Mulut

Mulut adalah tempat indera pengecap. Mulut terdiri dari dua tepi yang dinamakan bibir. Karena terdapat banyak otot, maka mulut dapat digerakkan dengan banyak variasi. Di dalam mulut ada gigi, gusi, dan lidah. Mulut digunakan untuk berkomunikasi dan makan.

Leher

Terakhir adalah bagian paling bawah dari anatomi badan yang paling atas yaitu leher. Leher berbentuk seperti tabung. Leher menggabungkan kepala dan badan. Leher dapat digerakkan ke kiri, kanan, atas, dan bawah. Leher tidak bisa diputar 360°. Pada bagian belakang leher, terdapat tulang penyangga.

B. Bagian Badan

Tubuh manusia terdiri dari dua bagian utama, yaitu badan dan tangan. Pada bagian badan, ada bahu, dada, perut, rusuk, dan pusar. Pada bagian tangan ada lengan, siku, jari, dan telapak. Bagian tengah tubuh manusia melindungi banyak organ vital. Organ vital ini letaknya di dalam badan dilindungi oleh tulang dan daging.

Bahu

Area antara leher dan ujung lengan disebut bahu. Bahu adalah bagian tengah tubuh yang terletak paling atas. Bentuk dari bahu biasanya datar atau menurun ke lengan. Terdapat tulang besar pada bahu. Biasanya bahu digunakan untuk bersandar atau memikul sesuatu yang berat.

Dada

Dada adalah bagian tubuh yang lebar. Dada terletak pada bagian depan tubuh di antara leher dan perut. Dada melindungi bagian dalam tubuh, yaitu jantung dan paru-paru. Oleh karenanya, dada juga terdiri dari tulang yang keras. Selain itu juga akan dibalut oleh otot yang kuat jika dilatih dengan baik.

Punggung

Sama halnya dengan dada, punggung juga merupakan bagian tubuh yang lebar. Punggung terletak di bagian belakang leher tubuh. Area punggung mencakup ujung bawah leher hingga tulang ekor. Jika diperhatikan, terdapat tulang penyangga yang panjang pada daerah punggung. Punggung juga dapat menahan beban yang berat.

Perut

Anggota tubuh yang terletak di tengah adalah perut. Perut sangat lentur, terdiri dari lemak serta otot.  Perut dapat menjadi keras jika dilatih secara rutin dan baik. Bahkan Bentuknya pun dapat berubah menjadi kotak-kotak kecil. Bentuk asal dari perut adalah bulat atau lonjong seperti balon. Pada bagian dalam perut terdapat lambung.

Rusuk

Rusuk adalah bagian anggota tubuh yang terletak di kedua sisi badan. Rusuk terdiri dari susunan tulang. Sebab rusuk adalah tulang, maka rusuk pun keras. Tidak seperti perut yang lentur. Rusuk diapit oleh kedua tangan di masing-masing sisinya.

Lengan

Bagian tubuh selanjutnya adalah lengan. Lengan adalah anggota tubuh mulai dari pangkal tangan sampai bahu. Lengan berbentuk panjang dan bulat. Pada lengan terdapat bagian anggota tubuh lainnya. Seperti siku, tangan, jari, dan telapak.

Siku

Siku merupakan bagian dari lengan. Siku terletak di tengah-tengah lengan. Tepatnya di antara lengan bagian atas dan bawah. Siku adalah salah satu sendi yang ada pada anatomi tubuh manusia. Siku dapat ditekuk ke depan, namun tidak dapat ditekuk kebelakang.

Jari

Selanjutnya, bagian salah satu anggota badan bagian tengah adalah jari. Jari merupakan ujung tangan. Jari memiliki bentuk beruas-ruas. Terdapat banyak nama untuk setiap jari. Ada ibu jari, telunjuk, jari tengah, jari manis, dan kelingking.

Telapak

Bagian terakhir dari anatomi tubuh manusia pada sisi tengah adalah telapak. Telapak adalah bagian sisi depan dari tangan. Telapak memiliki garis-garis pada permukaannya. Umumnya, bentuk dari garis-garis tersebut bercabang, namun ada pula yang lurus. Telapak memiliki tekstur lembut dan kenyal.

C. Bagian Bawah Badan

Bagian Bawah Badan

Bagian bawah badan adalah bagian yang paling sedikit organ vitalnya. Walaupun memiliki sedikit organ vital, ternyata bagian bawah badanlah yang menopang semuanya. Bagian bawah badan terdapat anggota tubuh yang keras hanya sedikit yang lentur. Bagian bawah badan terdiri dari pinggul, kaki, paha, lutut, dll. Bagian tersebut digunakan untuk menopang badan ketika bergerak.

Pinggul

Anggota tubuh paling atas yang terletak pada bagian bawah badan adalah pinggul. Pinggul terletak pada pangkal paha bagian belakang badan. Pinggul berada pada sisi kanan dan kiri badan manusia. Pinggul terdiri dari lemak, daging, dan tulang. Pinggul memiliki permukaan yang lentur dan kenyal.

Kaki

Kaki terletak di bawah badan. Kaki adalah anggota tubuh yang menopang badan. Kaki terdiri dari paha, lutut, betis, dan jari. Kaki adalah salah satu anggota tubuh yang panjang. Kaki memiliki tekstur yang keras.

Paha

Paha terletak di bawah pinggul. Tepatnya di atas lutut dan di bawah pinggul. Paha menggabungkan dua persendian. Sendi pada pinggul dan sendi pada lutut. Paha terdiri dari kulit, daging, dan tulang. Tulang pada paha adalah salah satu tulang yang panjang pada anggota tubuh.

Lutut

Lutut terletak di antara paha dan betis. Tepatnya, lutut berada di bawah paha dan di atas pangkal betis. Lutut menggabungkan dua persendian pada paha dan betis. Lutut berbentuk bulat dan keras. Teksturnya yang keras karena lutut terdiri dari kulit dan tulang.

Betis

Betis terletak di belakang tulang kering. Tepatnya, di antara lutut dan pergelangan kaki. Betis bertekstur kenyal karena terdiri dari daging dan otot. Betis dapat berubah menjadi keras ketika dilatih secara baik dan rutin. Otot- otot pada betis sangat berguna ketika berjalan, berlari, atau melompat.

Mata Kaki

Letak mata kaki berada tepat di bawah pergelangan kaki. Mata kaki berbentuk bulat dan menonjol. Walupun bulat, mata kaki memiliki ujung yang sedikit runcing. Mata kaki Berada pada sisi kiri dan kanan. Mata kaki memiliki tekstur yang keras. Mata kaki terdiri dari tulang. 

Jari Kaki

Jari kaki adalah bagian ujung dari kaki. Jumlah jari normal ada lima. Tidak seperti jari tangan, jari kaki tidak memiliki sebutan khusus untuk setiap jari. Jari kaki terdiri dari tulang dan sendi. Bentuk jari kaki beruas-ruas, sama seperti jari tangan.

Kuku Kaki

Kuku kaki terletak pada bagian atas jari kaki. Kuku adalah bagian paling ujung pada tubuh manusia. Kuku kaki memiliki bentuk yang tipis dan tajam. Kuku memiliki warna yang transparan. Kuku terdiri dari zat tanduk, tidak seperti anggota tubuh lain yang dibalut oleh kulit dan daging. 

Telapak Kaki

Bagian terakhir dari anatomi tubuh manusia bagian bawah adalah telapak kaki. Telapak kaki terletak paling bawah pada bagian tubuh manusia. Telapak kaki memiliki permukaan yang halus. Telapak kaki mengikuti bentuk kaki bagian atas. Bentuknya datar dengan sedikit lekukan pada bagian pinggir dalamnya.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau request silahkan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI TERPANJANG 30 PARAGRAF"