MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS BAHASA (PENGERTIAN, CIRI, MANFAAT, DAN JENIS)
No |
Jenis
Media Pembelajaran Grafis |
Definisi |
Kriteria |
1 |
Gambar/ilustrasi/lukisan |
Hasil tiruan dari suatu objek yang dibuat dengan
coretan alat tulis pada suatu media. |
Hasil coretan, hampir mirip atau jauh berbeda dengan
objek |
2 |
Komik |
Hasil sketsa yang berupa lembaran atau buku terdiri
dari kolom-kolom yang berisi ilustrasi dan/ teks (dialog). |
Hasil coretan, berupa lembaran atau buku, terdiri
dari kolom-kolom berisi ilustrasi dan teks |
3 |
Karikatur |
Suatu sketsa objek tertentu yang bertujuan untuk
menyindir dan mengandung pesan. |
Sketsa cenderung lucu, sengaja dibuat tidak mirip
dengan objek |
4 |
Kaligrafi |
Coretan atau sketsa berbentuk abjad, angka, huruf,
kata, atau kalimat yang dibuat dengan indah. |
Berbentuk lambang abjad atau angka, memiliki tarikan
khusus pada tiap ujung abjad atau angka |
5 |
Foto |
Media yang menyajikan ilustrasi melalui gambar yang
serupa dengan objek tangkapan. |
Hasil proses teknologi, Gambar mirip dengan objek,
dapat dan/ tidak dapat diubah |
6 |
Bagan/Diagram |
Suatu gambaran untuk menyajikan atau menghubungkan
beberapa informasi. |
Menjelaskan hubungan antar objek, membandingkan
beberapa informasi |
7 |
Grafik |
Gambaran dari penyajian informasi dalam bentuk garis
atau gambar. |
Berbentuk kolom persegi panjang, tiap kolom
direpresentasikan dengan angka atau warna |
8 |
Poster |
Plakat pengumuman berupa gambar dan tulisan yang
diperuntukkan bagi banyak orang |
Berisi pemberitahuan, berisi informasi seperti waktu
dan tempat, atau peristiwa baru |
9 |
Tabel |
Suatu daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data
informasi (berupa kata dan bilangan tersusun secara bersistem) |
Terdiri dari baris dan kolom, berisi kata dan angka |
10 |
Peta |
Gambar atau lukisan pada suatu media yang
menunjukkan letak geografis suatu daerah. |
Gambaran geografis daerah, memiliki keterangan jarak
dan arah mata angin |
11 |
Peta Pikiran (Mind Map) |
Gambaran yang menyajikan alur dari suatu konsep. |
Terdiri dari beberapa kata kunci, memiliki garis
penghubung antar kata kunci |
12 |
Infografik |
Suatu kumpulan informasi yang disajikan dalam bentuk
grafik yang menarik. |
Berisi informasi, divisualkan secara menarik |
13 |
Flash Card (Kartu Kilas) |
Kartu berisi abjad, angka, gambar yang disajikan
secara sekilas. |
Berbentuk kartu (persegi panjang), terdiri dari satu
set kartu |
14 |
Slide |
Lembaran berisi poin penting atau rangkuman suatu
informasi dalam bentuk teks dan gambar yang dapat diproyeksikan. |
Berbentuk lembaran persegi atau persegi panjang,
berisi poin penting, dapat diproyeksikan |
15 |
Strip Story |
Potongan-potongan kertas yang saling berhubungan
yang menjelaskan suatu aktivitas/konsep tertentu. |
Berupa potongan kertas, kertas satu dan lainnya
saling berkaitan |
16 |
Storyboard |
Papan cerita atau rangkaian sketsa gambar yang
digunakan untuk menggambarkan alur atau kejadian suatu cerita. |
Berupa lembaran yang terdiri dari kotak-kotak berisi
alur kejadian, kotak-kotak saling berhubungan dan berurutan |
17 |
Papan Flanel |
Papan yang dilapisi kain flanel untuk menyajikan
informasi tertentu. |
Papan berlapis kain, dapat dilipat dan dicopot
dengan mudah |
18 |
Papan Buletin (Mading) |
Papan berisi banyak informasi yang dimaksudkan untuk
memberitahukan kejadian dalam waktu tertentu. |
Papan berisi banyak informasi, ditempel di dinding
atau lorong ruangan |
19 |
Lembar Kerja (Work Sheet) |
Lembaran untuk menuliskan suatu jawaban yang
disertai petunjuk atau panduan pengerjaan. |
Berbentuk lembaran, terdapat panduan pengerjaan |
Keterampilan
Berbahasa |
Media
Pembelajaran Grafis |
Teknik |
Kompetensi
Dasar |
Menyimak |
Foto, Gambar, Poster |
·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk memperhatikan foto, gambar, atau poster ·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk menyimak penjelasan ·
Guru/salah
satu siswa menjelaskan isi media grafis secara lisan. ·
Siswa/kelompok
siswa menyampaikan kembali isi media grafis (lisan/tulis) |
3.3 Menguraikan
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah (kelas I, diriku: aku dan teman baru). |
Berbicara |
Flash Card (Kartu Kilas), Papan Flanel, Papan Buletin (Mading) |
·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk memperhatikan flash card (kartu kilas), papan
flanel, atau papan buletin (mading) ·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk melafalkan bunyi vokal dan konsonan pada media grafis ·
Guru/salah
satu siswa memberikan contoh. ·
Siswa/kelompok
siswa menyampaikan kembali isi media grafis secara lisan |
4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata
bahasa Indonesia atau bahasa daerah (kelas I, diriku: aku dan teman baru). |
Membaca |
Slide |
·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk memperhatikan teks narasi ·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk membaca dan memperhatikan teks narasi untuk
mengidentifiksai unsur-unsurnya ·
Siswa/kelompok
siswa menyampaikan kembali isi bacaan dengan menggunakan media grafis secara
lisan atau tulis |
3.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar |
Menulis |
Infografik, slide, peta pikiran |
·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk memperhatikan teks laporan ·
Siswa/kelompok
siswa diminta untuk membaca dan memperhatikan teks laporan ·
Siswa/kelompok
siswa menyampaikan kembali isi bacaan dengan menggunakan media grafis secara
lisan atau tulis |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil
observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis (kelas X
semester 1). |
Terima kasih. Informasinya sangat bermanfaat.
BalasHapusSama-sama Kak..
Hapus