MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS BAHASA (PENGERTIAN, CIRI, MANFAAT, DAN JENIS)


A. Pengertian Media Pembelajaran Grafis
Media pembelajaran grafis dapat juga disebut dengan media pembelajaran dua dimensi. Media pembelajaran grafis adalah alat untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi yang didapat melalui indra penglihatan atau pendengaran, kemudian disajikan kembali secara grafis. Menurut (Purwani, Fridani, dan Fahrurrozi 2019:59) Media grafis (media visual) sebagai media pembelajaran, dirancang untuk mengomunikasikan fakta-fakta, gagasan-gagasan, pesan-pesan secara jelas dan kuat. Walaupun media grafis termasuk bagian dari media visual, bukan berarti semua media visual merupakan media grafis. Sebab ada media visual berupa tiga dimensi yang bukan merupakan media grafis. Contoh media tiga dimensi seperti media padat (solid model), model penampang, model susun, model kerja, mock up, diorama, dan lain-lain. Jadi media pembelajaran grafis adalah media dua dimensi yang dirancang untuk mengomunikasikan gagasan dengan cara menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi berupa simbol lambang dan bunyi secara jelas, kuat, dan menarik.

Media grafis adalah media visual yang menyajikan fakta, ide atau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka, dan simbol atau gambar Susilana dan Riyana (Arthagunantika, Chamdani, dan Rokhmaniyah 2020:204). Menurut Sardiman dalam Sanaky (Purwanti, Ngatman, dan Hidayah 2020:323), 2015:81) media grafis termasuk media visual yang penyaluran pesannya mengutamakan indra penglihatan dan pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam bentuk simbol-simbol visual. Media pembelajaran grafis adalah media visual yang mengandalkan indra visual baik dari segi penangkapan atau penyampaian gagasan (huruf, kata, kalimat, paragraf, angka, simbol, atau gambar) untuk mencapai tujuan pembelajaran.

B. Ciri dan Manfaat Media Pembelajaran Grafis
Media pembelajaran grafis memiliki ciri dan manfaat sebagaimana halnya media pembelajaran secara umum. Hal ini juga berguna untuk membedakan jenis media grafis dengan media pembelajaran lainnya. Berikut adalah ciri dan manfaat dari media pembelajaran grafis.

1. Ciri Media Pembelajaran Grafis
Media pembelajaran grafis memiliki ciri sebagai berikut.
a. Mengandalkan indra penglihatan
b. Hanya dapat diakses secara visual
c. Berbentuk dua dimensi
d. Dapat disentuh dan/ hanya dapat dilihat
e. Mengolah informasi secara simbol (lambang, bunyi dan gambar)
f. Menghasilkan informasi dalam bentuk grafik (abjad, angka, dan gambar)
g. Dapat diproyeksikan dengan alat bantu

2. Manfaat Media Pembelajaran Grafis
a. Adapun manfaat dari media pembelajaran grafis adalah sebagai berikut.
b. Dapat digunakan untuk mengolah gagasan melalui simbol/lambang (huruf atau angka).
c. Membuat penyajian informasi lebih menarik perhatian
d. Membantu memperjelas ide
e. Mengilustrasikan atau menghiasi informasi
f. Memperlancar pemahaman
g. Mempermudah pikiran untuk mengingat informasi
Menumbuhkan minat untuk mengetahui informasi

C. Jenis Media Pembelajaran Grafis
Menurut Smaldino dkk. dalam (Akbar 2021) setidaknya terdapat enam kategori dasar media yaitu teks, audio, visual, video, rekayasa, dan orang. Media pembelajaran grafis adalah bagian dari media pembelajaran visual. Media atau alat bantu visual menurut (Sudjana dan Rivai 2013:57) bertujuan untuk sebagai berikut:
1. Memperkenalkan, membentuk, memperkaya, serta memperjelas pengertian atau konsep yang abstrak pada siswa.
2. Mengembangkan sikap-sikap yang dikehendaki.
3. Mendorong kegiatan siswa lebih lanjut.
4. Memudahkan komunikasi dan belajar.

Seperti halnya media pembelajaran lain, media pembelajaran grafis juga memiliki jenis atau macamnya. Berikut adalah jenis-jenis dari media pembelajaran grafis.

No

Jenis Media Pembelajaran Grafis

Definisi

Kriteria

1

Gambar/ilustrasi/lukisan

Hasil tiruan dari suatu objek yang dibuat dengan coretan alat tulis pada suatu media.

Hasil coretan, hampir mirip atau jauh berbeda dengan objek

2

Komik

Hasil sketsa yang berupa lembaran atau buku terdiri dari kolom-kolom yang berisi ilustrasi dan/ teks (dialog).

Hasil coretan, berupa lembaran atau buku, terdiri dari kolom-kolom berisi ilustrasi dan teks

3

Karikatur

Suatu sketsa objek tertentu yang bertujuan untuk menyindir dan mengandung pesan.

Sketsa cenderung lucu, sengaja dibuat tidak mirip dengan objek

4

Kaligrafi

Coretan atau sketsa berbentuk abjad, angka, huruf, kata, atau kalimat yang dibuat dengan indah.

Berbentuk lambang abjad atau angka, memiliki tarikan khusus pada tiap ujung abjad atau angka

5

Foto

Media yang menyajikan ilustrasi melalui gambar yang serupa dengan objek tangkapan.

Hasil proses teknologi, Gambar mirip dengan objek, dapat dan/ tidak dapat diubah

6

Bagan/Diagram

Suatu gambaran untuk menyajikan atau menghubungkan beberapa informasi.

Menjelaskan hubungan antar objek, membandingkan beberapa informasi

7

Grafik

Gambaran dari penyajian informasi dalam bentuk garis atau gambar.

Berbentuk kolom persegi panjang, tiap kolom direpresentasikan dengan angka atau warna

8

Poster

Plakat pengumuman berupa gambar dan tulisan yang diperuntukkan bagi banyak orang

Berisi pemberitahuan, berisi informasi seperti waktu dan tempat, atau peristiwa baru

9

Tabel

Suatu daftar yang berisi ikhtisar sejumlah data informasi (berupa kata dan bilangan tersusun secara bersistem)

Terdiri dari baris dan kolom, berisi kata dan angka

10

Peta

Gambar atau lukisan pada suatu media yang menunjukkan letak geografis suatu daerah.

Gambaran geografis daerah, memiliki keterangan jarak dan arah mata angin

11

Peta Pikiran (Mind Map)

Gambaran yang menyajikan alur dari suatu konsep.

Terdiri dari beberapa kata kunci, memiliki garis penghubung antar kata kunci

12

Infografik

Suatu kumpulan informasi yang disajikan dalam bentuk grafik yang menarik.

Berisi informasi, divisualkan secara menarik

13

Flash Card (Kartu Kilas)

Kartu berisi abjad, angka, gambar yang disajikan secara sekilas.

Berbentuk kartu (persegi panjang), terdiri dari satu set kartu

14

Slide

Lembaran berisi poin penting atau rangkuman suatu informasi dalam bentuk teks dan gambar yang dapat diproyeksikan.

Berbentuk lembaran persegi atau persegi panjang, berisi poin penting, dapat diproyeksikan

15

Strip Story

Potongan-potongan kertas yang saling berhubungan yang menjelaskan suatu aktivitas/konsep tertentu.

Berupa potongan kertas, kertas satu dan lainnya saling berkaitan

16

Storyboard

Papan cerita atau rangkaian sketsa gambar yang digunakan untuk menggambarkan alur atau kejadian suatu cerita.

Berupa lembaran yang terdiri dari kotak-kotak berisi alur kejadian, kotak-kotak saling berhubungan dan berurutan

17

Papan Flanel

Papan yang dilapisi kain flanel untuk menyajikan informasi tertentu.

Papan berlapis kain, dapat dilipat dan dicopot dengan mudah

18

Papan Buletin (Mading)

Papan berisi banyak informasi yang dimaksudkan untuk memberitahukan kejadian dalam waktu tertentu.

Papan berisi banyak informasi, ditempel di dinding atau lorong ruangan

19

Lembar Kerja (Work Sheet)

Lembaran untuk menuliskan suatu jawaban yang disertai petunjuk atau panduan pengerjaan.

Berbentuk lembaran, terdapat panduan pengerjaan

D. Media Pembelajaran Grafis dalam Pembelajaran Bahasa
Bahasa Indonesia memiliki empat aspek pokok. Empat aspek itu dikenal dengan empat keterampilan berbahasa. Keempat keterampilan berbahasa di antaranya adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Kaitannya dengan itu, media pembelajaran grafis dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat diterapkan pada semua keterampilan.

Keterampilan Berbahasa

Media Pembelajaran Grafis

Teknik

Kompetensi Dasar

Menyimak

Foto, Gambar, Poster

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk memperhatikan foto, gambar, atau poster

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk menyimak penjelasan

·         Guru/salah satu siswa menjelaskan isi media grafis secara lisan.

·         Siswa/kelompok siswa menyampaikan kembali isi media grafis (lisan/tulis)

3.3 Menguraikan lambang bunyi  vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (kelas I, diriku: aku dan teman baru).

Berbicara

Flash Card (Kartu Kilas), Papan Flanel, Papan Buletin (Mading)

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk memperhatikan flash card (kartu kilas), papan flanel, atau papan buletin (mading)

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk melafalkan bunyi vokal dan konsonan pada media grafis

·         Guru/salah satu siswa memberikan contoh.

·         Siswa/kelompok siswa menyampaikan kembali isi media grafis secara lisan

4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah (kelas I, diriku: aku dan teman baru).

Membaca

Slide

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk memperhatikan teks narasi

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk membaca dan memperhatikan teks narasi untuk mengidentifiksai unsur-unsurnya

·         Siswa/kelompok siswa menyampaikan kembali isi bacaan dengan menggunakan media grafis secara lisan atau tulis

3.3 Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar

Menulis

Infografik, slide, peta pikiran

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk memperhatikan teks laporan

·         Siswa/kelompok siswa diminta untuk membaca dan memperhatikan teks laporan

·         Siswa/kelompok siswa menyampaikan kembali isi bacaan dengan menggunakan media grafis secara lisan atau tulis

4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis (kelas X semester 1).

Catatan penting, walaupun semua media grafis dapat diterapkan pada pembelajaran bahasa, harus dipastikan media grafis yang diterapkan tidak terlalu rumit. Misal, media grafis sederhana berupa gambar, foto, poster, kartu kilas dapat diterapkan pada kelas awal-lanjut. Adapun media pembelajaran grafis yang berisi banyak informasi seperti infografik baiknya hanya diterapkan pada kelas lanjut ke atas.

Referensi:
Tulisan ini sudah dimuat dalam jurnal. Referensi dan tulisan lengkap dapat dilihat pada file PDF di bawah.

2 komentar untuk "MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIS BAHASA (PENGERTIAN, CIRI, MANFAAT, DAN JENIS)"